Martin Keown: Andai Zlatan Ibrahimovic Gabung Arsenal

By Admin


nusakini.com - Sudah bukan rahasia lagi jika Arsenal hampir menjadi klub tempat Zlatan Ibrahimovic berlabuh di waktu muda, tepatnya pada tahun 2000.

Kala itu, Ibrahimovic yang masih berusia 19 tahun memilih menolak tawaran bergabung Arsenal lantaran manajer Arsene Wenger memintanya untuk melakukan trial terlebih dulu. Striker Swedia itu merasa tersinggung dengan permintaan Wenger tersebut dan memilih berkarier di tempat lain.

Martin Keown, mantan bek The Gunners di era pergantian milenium, mengaku kecewa dengan batalnya transfer tersebut. Menurutnya, Ibra adalah sosok berkarakter kuat yang dibutuhkan tim seperti Arsenal.

“Saya menyesal dengan fakta bahwa Zlatan Ibrahimovic tidak pernah memperkuat Arsenal,” ungkap Keown kepada Daily Mail, Rabu (1/3).

“Dia mengunjungi klub pada 2000 di usia remaja. Dengan memiliki fisik seperti itu, rekan setim saya sempat bercanda bahwa Ibrahimovic akan menggeser saya sebagai bek sentral. Sejak itu, Anda bisa melihat bahwa Ibrahimovic selalu punya dampak besar di setiap klub yang diperkuatnya.”

Selain itu, Keown juga menyebut Ibrahimovic punya banyak kemiripan dengan legenda Manchester United Eric Cantona. Terlebih saat ini Ibra juga memperkuat United dan bersinar di musim debutnya.

“Perbandingan dengan Ibrahimovic dengan Cantona adalah sesuatu yang tidak terelakkan. Semasa bermain, saya selalu menjaga Cantona. Meski dia pemain cerdas, saya merasa bahwa dia tidak akan terlepas dari penjagaan saya,” kata Keown.

“Sedangkan saat menjaga Ibrahimovic, situasinya lebih rumit. Dia lebih besar, lebih kuat, dan lebih bertenaga. Cantona membuka kunci kesuksesan United dalam lima tahunnya di klub. Dia akan selalu menjadi The King. Tetapi Ibrahimovic saat ini sedang membantu memperbaiki reputasi United,” terangnya. (fft/om)